Senin, 02 Januari 2012

MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL BAYI

Para orang tua, terutama kaum ibu sangat senang melihat bayi yang terlihat imut, montok. Biasanya yang menjadi sasaran di "jewer" adalah pipi sang bayi, karena kemontokan bayi di samping badan selalu terlihat pada bagian pipi. Seorang ibu akan merasa bangga/senang dengan bayi yang montok, sehingga selalu diusahakan memberikan makanan/minuman yang dapat mempermontok bayi. Anak/bayi gemuk, montok dapat memberi indikasi bahwa anak tersebut sehat karena asupan makan/minum yang terjaga plus gizi yang baik. Namun gemuk yang terlalu atau kegemukan tentu akan memberi indikasi lain. Terlalu gemuk yang menuju ke obesitas, dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu para orang tua harus waspada dan harus mengetahui berapa ukuran berat badan ideal (BBI) bayi atau anak kecil.
Menghitung BBI selalu dikaitkan dengan usia dan tinggi/panjang badan, namun tidak seperti pada usia remaja & dewasa, maka bagi bayi dan anak kecil panjang badan tersebut dapat dihitung secara umum menggunakan bilangan konstan sesuai dengan usia bayi dan anak tersebut.

BBI BAYI (USIA 0-12 bulan) : RUMUS BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

Misal :
1) Usia bayi 2 bln, maka BBI = (2/2) + 4 = 5 kg
2) Usia bayi 3 bln, maka BBI = (3/2) + 4 = 5,5 kg
3) Usia bayi 4 bln, maka BBI = (4/2) + 4 = 6 kg
4) Usia bayi 5 bln, maka BBI = (5/2) + 4 = 6,5 kg

Terlihat bahwa BBI berbanding lurus dengan usia, dimana tiap bulan pertumbuhan/pertambahan berat yang ideal bagi bayi adalah sebesar 0,5 kg. Bagaimana menjaga BBI bayi dan asupan makan/minumnya? Seorang ibu yang masih menyusui anaknya harus dapat menjaga asupan makan/minumnya yang mengandung nutrisi, gizi, zat & mineral yang bermanfaat bagi bayinya (Lihat JUS Bagi Ibu Hamil dan Menyusui).

Penggunaan rumus perhitungan ini hanya dapat digunakan sampai usia bayi/anak mencapai 12 bln. Di atas 12 bulan dimana pada umumnya anak sudah berjalan & aktivitasnya sudah lebih banyak dari bayi maka digunakan rumus penghitungan yang lain.

BBI ANAK (USIA 1-10 tahun) : RUMUS BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

Misal :
1) Usia anak 1,0 thn, maka BBI = ( 1,0 x 2 ) + 8 = 10 kg
2) Usia anak 1,5 thn, maka BBI = ( 1,5 x 2 ) + 8 = 11 kg
3) Usia anak 2,0 thn, maka BBI = ( 2,0 x 2 ) + 8 = 12 kg
4) Usia anak 2,5 thn, maka BBI = ( 2,5 x 2 ) + 8 = 13 kg

Terlihat bahwa BBI seorang anak yang sehat setiap tahun akan bertambah sebesar 2 kg. Lebih dari itu menjadi gemuk/montok dan kurang dari itu terlihat kurus. Pada usia remaja (di atas 10 thn) rumus tsb tidak sesuai lagi karena aktivitas remaja & dewasa sudah lebih meningkat lagi.

BBI REMAJA & DEWASA : RUMUS BBI = LIHAT JUS PENCEGAH OBESITAS

http://en-gb.facebook.com/note.php?note_id=124748350882266

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran