Rabu, 13 Juli 2011

4 Posisi Menyusui

Atur posisi yang tepat saat menyusui! Ada berbagai posisi menyusui yang bisa Anda pilih sesuai dengan kenyamanan dan situasi. Pastikan Anda sudah melakukannya dengan benar.

1. Cradle hold. Bayi digendong dalam posisi menyamping. Kepala, leher, bahu bayi ada dalam lekukan lengan Anda. Sangga punggung bayi dengan tangan. Sebagian wajah, perut dan lututnya menempel pada dada dan perut ibu. Selipkan tangan bayi lainnya di bawah lengan ibu.

2. Cross Cradle. Posisi mirip cradle hold, hanya berbeda posisi tangan Anda. Kepala bayi tidak berada di lekukan lengan, tapi disangga dengan telapak tangan ibu. Posisi kepala, bahu dan perut bayi menghadap ibu. Bila disusui dengan payudara kiri, bayi dipegang dengan tangan kanan.

3. Side-lying position. Menyusui bayi sambil tiduran. Baringkan bayi di sisi Anda, sangga kepalanya dengan bantal agar lebih nyaman. Sangga kepala, bahu dan kedua lutut Anda dengan bantal agar punggung dan panggul dalam satu garis lurus. Posisi ini cocok ketika Anda merasa letih saat menyusui bayi atau menyusui ketika si kecil terbangun di malam. Setelah persalinan dengan operasi caesar ketika di beberapa hari pertama Anda belum bisa duduk dengan rileks, hanya posisi inilah yang cocok dilakukan.

4. Football hold. Sesuai namanya, Anda menggendong bayi seperti posisi bola yang dipegang oleh pemain olahraga sepakbola. Tubuh bayi diletakkan di bawah tangan ibu, kepala bayi, leher dan bahu disangga dengan telapak tangan. Agar lebih nyaman, ganjal tangan dengan bantal yang diletakkan di atas pangkuan. Posisi yang cocok untuk ibu yang melahirkan melalui operasi, ibu berpayudara besar, memiliki puting datar dan untuk bayi yang mungil.

http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/4.posisi.menyusui/001/005/1132/3

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran