Minggu, 02 Januari 2011

BAGAIMANA MENGATUR PERSEDIAAN OBAT

obat Pictures, Images and Photos

Pengaturan persediaan dalam gudang harus disesuaikan dengan pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan.

Setiap orang yang bekerja di gudang harus dapat menemukan persediaan obat dengan mudah.
Obat-obatan yang mempunyai kesamaan harus dikelompokkan di atas rak, diatur menurut abjad nama generiknya. Barang dengan usia lebih pendek (tanggal kadaluarsa pendek atau persediaan lama) harus ditempatkan di depan barang yang sama dengan usia yang lebih panjang (tanggal kadaluarsa lebih lama atau persediaan baru).


MENGATUR OBAT DAN PERSEDIAAN DI DALAM GUDANG

1. Simpan obat-obatan yang mempunyai kesamaan secara bersamaan di atas rak.
Saat mengatur persediaan, “kesamaan” berarti dalam cara pemberian obat (luar, oral, suntikan) dan bentuk ramuannya (obat kering atau cair).

Simpan obat dalam kelompok berikut: obat luar, oral, dan suntikan. Simpan di rak yang sama obat tablet dan kapsul. Kelompokkan di rak yang sama obat cair dan salep. Kelompokkan di rak yang sama persediaan obat lainnya.
CONTOH: MENYIMPAN OBAT YANG SEJENIS

Di gudang Klinik Talor, ada salep tetrasiklin dan tablet tetrasiklin. Salep dioles di kulit ( luar) dan tablet dimakan (oral). Petugas kesehatan menyimpan salep bersama dengan kelompok obat luar dan tablet bersama dengan kelompok oral.

Di gudang juga ada tablet kotrimoksasol dan sirup kotrimoksasol. Keduanya adalah kelompok oral. Petugas kesehatan mengelompokkan tablet bersama dengan tablet lainnya dan kapsul di atas rak. Sirup ditempatkan denga obat cair lainnya.

Bila dalam gudang ada tiga rak atau lebih, simpan persediaan anda sebagai berikut:

* RAK ATAS : Menyimpan obat kering (tablet, kapsul, paket oralit). Gunakan wadah obat yang kedap udara. Bila rak atas dekat plafon atau tidak terjangkau, gunakan rak itu untuk menyimpan barang yang TIDAK peka terhadap panas atau yang JARANG dipakai.

* RAK TENGAH : Menyimpan obat cair, termasuk obat suntik dan salep. JANGAN menempatkan obat di bawahnya. Bila bocor, obat di bawahnya akan rusak
* RAK BAWAH Menyimpan persediaan lain, seperti alat bedah, kondom dan label. Ingat, JANGAN menyimpan langsung di atas lantai.

Selalu simpan barang yang perlu suhu dingin dalam lemari pendingin.

2. Cari nama generik dari setiap obat dalam gudang.

Nama generik obat seharusnya ada pada label. Nama generik berbeda dengan nama merek. Nama generik menggambarkan obat. Nama merek diberi oleh produsen obat. Ada banyak merek untuk obat generik yang sama. Lihat contoh di bawah.

3. Atur dan beri label persediaan di atas rak.

Dalam setiap kelompok, atur persediaan sesuai abjad nama generik. Beri cukup ruang untuk setiap barang.

Kelompokkan barang yang sama dalam jumlah yang mudah dihitung, seperti dalam pasangan atau kelompok lima atau sepuluh. Simpan obat suntik dalam kelompok sepuluh.

Tulis nama generik dari setiap barang pada label . Lem label di depan barang di atas rak. Bila anda mengatur persediaan dengan cara ini, akan mudah bagi anda untuk mengetahui jenis dan jumlah persediaan yang ada. Kecil kemungkinan untuk salah mengenai barang yang mempunyai kemiripan tampak atau nama.

4. Simpan obat sesuai tanggal kadaluarsa dengan menggunakan prosedur FEFO (FIRST EXPIRY FIRST OUT - YANG LEBIH DAHULU KADALUARSA, DIKELUARKAN TERLEBIH DAHULU)

Tanggal kadaluarsa yang tercetak di label memberi tahu kapan obat kadaluarsa, yaitu, kapan obat tidak lagi manjur. Obat yang kadaluarsa dapat berbahaya.

Pabrik mencetak tanggal pada wadah obat untuk memperlihatkan berapa lama obat masih efektif. Obat masih dapat efektif untuk jangka pendek sesudah tanggal kadaluarsa, tetapi ini tidak dijamin.

Periksa semua obat dalam gudang untuk tanggal kadaluarsa. Buang semua obat kadaluarsa dari gudang. Tempatkan obat dengan tanggal kadaluarsa yang lebih pendek di depan obat yang berkadaluarsa lebih lama. Bila obat mempunyai tanggal kadaluarsa sama, tempatkan obat yang baru diterima di belakang obat yang sudah berada di atas rak.

5. Simpan obat tanpa tanggal kadaluarsa dengan menggunakan prosedur FIFO (FIRST IN FIRST OUT - YANG DATANG TERLEBIH DAHULU, DIKELUARKAN PERTAMA)

Simpan barang tanpa tanggal kadaluarsa sesuai urutan penerimaan. Tempatkan barang yang baru diterima di belakang barang yang sudah berada di atas rak. Mungkin ada tanggal pembuatan dalam wadah. Tanggal menunjukkan barang lama harus digunakan dahulu.

6. Buang obat yang kadaluarsa dan rusak.

Obat yang kadaluarsa dan rusak menurun efeknya atau berakibat buruk pada pasien. Beberapa mungkin tidak mempunyai efek sama sekali. Obat-obat ini harus disingkirkan. Bergantung kebijakan fasilitas kesehatan anda, obat dikembalikan ke pemasok obat untuk dimusnahkan atau dibakar di fasilitas klinik anda.

Singkirkan juga persediaan obat yang berlebihan dan yang tidak terpakai di klinik.

Buat catatan pemusnahan obat, termasuk tanggal, jam, saksi dan cara pemusnahan. Catat pada kartu persediaan obat. (Anda akan mempelajari lebih banyak tentang kartu persediaan di bab berikut, Bagaimana Membuat Catatan.)
MENGATUR GUDANG ANDA MEMBUAT PEKERJAAN LEBIH MUDAH!

KEGIATAN III - BAGAIMANA MENGATUR PERSEDIAAN

Dalam kegiatan ini, anda akan berlatih mengatur persediaan.

Pelatih anda akan memberi kelompok anda sebuah kotak persediaan obat. Gunakan prosedur yang baru dipelajari untuk mengatur barang dalam kotak.

1. Ambil salah satu obat dari kotak . Lihat labelnya. Cari nama generiknya. Perlihatkan nama generik kepada pelatih.

2. Singkirkan obat lain dari kotak. Tempatkan kotak kosong tersebut di atas meja. Letakkan kotak di sisinya agar menyerupai rak (lihat bawah). Gunakan bagian atas kotak sebagai rak atas dan bagian bawah kotak sebagai rak tengah. Gunakan kursi atau bangku sebagai rak bawah.

Atur obat-obat di atas rak. Gunakan Daftar Periksa Prosedur Penyimpanan di halaman berikut saat anda melakukan kegiatan ini. (Ada salinan daftar periksa di Lampiran B. Gunakan itu saat anda mengatur lagi persediaan anda di gudang. Pasanglah daftar periksa untuk memberi tahu pegawai bagaimana seharusnya barang diatur). Anjurkan para pegawai untuk mengikuti prosedur.

3. Bila kegiatan sudah selesai, mintalah umpan balik dari pelatih.
4. Sesudah semua kelompok kecil selesai, amati bagaimana kelompok lain mengatur persediaannya. Diskusikan pengamatan anda dengan kelompok besar.



DAFTAR PERIKSA PROSEDUR PENYIMPANAN

Apakah gudang anda teratur baik? Beri tanda (?) pada kotak YA bila pernyataan menggambarkan pengaturan gudang anda. Bila tidak, tandai TIDAK. Yang bertanda TIDAK perlu tindakan dan perbaikan.

YA TIDAK

1. -[ ] ---[ ]---Persediaan dikelompokkan di atas rak sebagai obat: luar, oral dan suntikan
2. -[ ] ---[ ]---Tablet, kapsul dan obat kering lainnya ( seperti paket oralit) disimpan dalam wadah kedap udara di rak atas.
3. -[ ] ---[ ]---Obat cair, salep dan obat suntik disimpan di rak tengah.
4. -[ ] ---[ ]---Persediaan, seperti alat bedah, kondom dan label, disimpan di rak bawah.
5. -[ ] ---[ ]---Barang untuk suhu dingin disimpan di lemari pendingin.
6. -[ ] ---[ ]---Persediaan diatur di atas rak sesuai abjad nama generik.
7. -[ ] ---[ ]---Barang dikelompokkan dalam jumlah yang mudah dihitung.
8. -[ ] ---[ ]--- Tidak ada obat yang kadaluarsa dalam gudang.
9. -[ ] ---[ ]---Obat dengan tanggal kadaluarsa yang lebih pendek ditempatkan di depan yang berkadaluarsa lebih lama.
10. -[ ] ---[ ]---Bagi obat dengan tanggal kadaluarsa yang sama, obat yang baru diterima ditempatkan di belakang yang sudah berada di atas rak.
11. -[ ] ---[ ]---Persediaan tanpa tanggal kadaluarsa atau tanggal pembuatan disimpan sesuai dengan urutan waktu penerimaan.
12. -[ ] ---[ ]---Persediaan tanpa tanggal kadaluarsa tetapi dengan tanggal pembuatan, penempatan tanggal yang lebih baru berada di belakang yang berumur lebih pendek.
13. -[ ] ---[ ]---Tidak ada obat rusak/bermutu rendah di atas rak.
14. -[ ] ---[ ]---Tidak ada barang yang berlebihan atau tidak terpakai lagi di atas rak.
15. -[ ] ---[ ]---Ada catatan penyingkiran obat; catatan mengandung tanggal, jam, saksi dan cara penyingkiran.

http://www.who.or.id/ind/products/ow5/sub1/display.asp?id=5

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran