Sabtu, 23 Oktober 2010

Cara Merawat Gigi dan Gusi Anda

Menyikat Gigi Pictures, Images and Photos

Dengan perawatan yang tepat, gigi dan gusi bisa tetap sehat sepanjang hidup Anda. Gigi dan gusi sehat, semakin kecil risiko yang anda miliki untuk kerusakan gigi dan penyakit gusi.
Bagaimana saya bisa merawat gigi dan gusi?
Ada empat langkah dasar untuk merawat gigi dan gusi:

* Penyikatan
* Flossing
* Makan yang benar
* Mengunjungi dokter gigi


Tips untuk menyikat
Sikat setidaknya dua kali sehari. Jika Anda bisa, sikat setiap habis makan. Menyikat menghilangkan plak, sebuah film bakteri yang menempel gigi. Ketika bakteri dalam plak akan bersentuhan dengan makanan, mereka menghasilkan asam. Asam ini menyebabkan gigi berlubang. Cara sikat gigi :

1. Tempatkan secolek kacang polong pasta gigi fluoride di atas kepala sikat gigi. Gunakan sikat gigi lembut
2. Tempatkan sikat gigi terhadap gigi pada sudut 45 derajat garis gusi.
3. Pindahkan sikat seluruh gigi menggunakan gerakan melingkar kecil. Lanjutkan dengan gerakan pembersihan satu gigi pada suatu waktu. Jaga agar ujung bulu terhadap garis gusi. Hindari menekan begitu keras bulu berbaring terhadap gigi. (Hanya ujung sikat gigi membersihkan gigi.) Biarkan bulu mencapai ke dalam ruang di antara gigi.
4. Sikat di bagian atas permukaan mengunyah gigi. Pastikan bulu masuk ke kebun dan celah-celah. Pastikan untuk membersihkan gigi belakang.
5. Gunakan gerakan melingkar yang sama kecil untuk membersihkan bagian belakang gigi atas dan bawah-sisi yang menghadap lidah.
6. Untuk membersihkan bagian dalam gigi depan bawah, sudut kepala dalam posisi up-dan-turun ke bagian bawah mulut dan sikat gigi bergerak dalam lingkaran kecil.
7. Untuk bagian dalam gigi depan atas, sudut sikat dalam posisi naik-turun dengan ujung kepala mengarah ke atap mulut. Pindahkan sikat gigi dalam lingkaran kecil.
8. Berikan lidah Anda dengan beberapa sapuan kuas lembut, menyikat dari bagian belakang lidah Anda ke depan. Jangan menggosok. Hal ini membantu menghilangkan bakteri dan freshens napas Anda.
9. Setelah menyikat gigi selama dua sampai tiga menit, bilas mulut Anda dengan air.
10. Ganti sikat gigi Anda dengan yang baru setiap tiga sampai empat bulan.

Flossing Pictures, Images and Photos

Tips untuk flossing

Floss sekali sehari. Flossing menghilangkan makanan dan plak di antara gigi, tempat sikat gigi Anda tidak dapat mencapai. Jika tetap plak di antara gigi, dapat mengeras menjadi tartar, yang harus dikeluarkan oleh seorang dokter gigi. Cara melakukan floss:

1. Hapus tentang strip 18-inci benang dari dispenser.
2. Angin benang sekitar jari tengah tangan masing-masing, meninggalkan bagian 1-inci terbuka untuk flossing. Benang gigi atas pertama, kemudian bagian bawah.
3. Tempatkan benang di mulut Anda dan gunakan jari telunjuk Anda untuk mendorong benang antara gigi. Berhati-hatilah untuk tidak menekannya terlalu keras dan melukai gusi.
4. Pindahkan benang atas dan bawah terhadap gigi dan atas dan di sekitar garis gusi. Benang harus membentuk C-bentuk di sekitar gigi yang Anda benang.
5. Floss antara setiap gigi serta belakang gigi belakang.
6. Gunakan bagian bersih dari benang yang diperlukan, dan mengambil benang digunakan dengan menggulungnya di sekitar jari-jari.

Bagaimana saya bisa makan dengan benar untuk mencegah kerusakan gigi?
Makan berbagai makanan kecuali makan lebih sedikit makanan yang mengandung gula dan pati. Makanan ini menghasilkan asam yang paling di mulut dan semakin lama mereka tinggal di mulut, semakin mereka bisa merusak gigi. "Mengisap permen" sangat berbahaya karena mereka tinggal di mulut waktu yang lama.
Mengemil makanan manis dapat menyebabkan kerusakan gigi karena kebanyakan orang tidak sikat setelah makanan ringan. makanan ringan mengandung zat tepung, seperti keripik kentang, menempel pada gigi. Hindari ngemil pada:

* Permen, cookies, kue, dan pie
* Gula permen karet
* Kerupuk, breadsticks, dan chip
* Buah kering dan kismis

Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk melindungi gigi saya?
Anda juga dapat meminta dokter gigi Anda tentang sealant gigi. Sealant merupakan bahan yang digunakan untuk melapisi bagian atas, mengunyah permukaan gigi. Lapisan ini melindungi gigi dari pembusukan dan biasanya berlangsung lama.
Seberapa sering saya harus pergi ke dokter gigi?
Kunjungi dokter gigi Anda setidaknya sekali setiap enam bulan.Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, penting untuk memiliki rutin check-up dan pembersihan profesional. Anda juga harus menemui dokter gigi Anda jika Anda memiliki sakit pada gigi atau mulut, atau perdarahan, gusi bengkak.

Sumber : Cleveland Clinic, USA.

http://www.edikusmiadi.com/2010/10/cara-merawat-gigi-dan-gusi-anda.html

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran