Sabtu, 30 Oktober 2010

Do'a -Do'a Selama Masa Kehamilan

1. Do'a Tobat dan Penyerahan Diri

Kehamilan adalah salah satu jalan jihad , kini saatnya sohib bertobat dan berserah diri kepada-Nya. Bacalah do'a ini setiap selesai shalat sejak awal kehamilan.

qaalaa rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa-in lam taghfir lanaa watarhamnaa lanakuunanna mina lkhaasiriin


[7:23] Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

alladziina yaquuluuna rabbanaa innanaa aamannaa faghfir lanaa dzunuubanaa waqinaa 'adzaaba nnaar


[3:16] (Yaitu) orang-orang yang berdo'a: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,"


2. Do'a Memohon Rezeki Untuk Dapat Menghidupi Keturunan

Nabi Ibrahim as senantiasa berdo'a kepada Allah agar keturunannya dijamin rezekinya oleh Allah. Doa ini dikabulkan oleh Allah swt.

rabbanaa innii askantu min dzurriyyatii biwaadin ghayri dzii zar'in 'inda baytika lmuharrami rabbanaa liyuqiimuu shshalaata faj'al af-idatan mina nnaasi tahwii ilayhim warzuqhum mina tstsamaraati la'allahum yasykuruun


[14:37] Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

rabbanaa innaka ta'lamu maa nukhfii wamaa nu'linu wamaa yakhfaa 'alaallaahi min syay-in fii l-ardhi walaa fii ssamaa/-


[14:38] Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.

3. Do'a Memohon Keturunan Yang Saleh

Ismail adalah anak shaleh keturunan Nabi Ibrahim as yang akhirnya menjadi nabi juga. Ayahnya selalu berdo'a untuknya dengan do'a sebagai berikut :

rabbi ij'alnii muqiima shshalaati wamin dzurriyyatii rabbanaa wtaqabbal du'aa/-

[14:40] Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do'aku.

rabbi hab lii mina shshaalihiin

[37:100] Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

[2:128] Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Nabi Zakariya mendapat keturunan yang shaleh dengan memohon kepada Allah melalui do'a berikut :

hunaalika da'aa zakariyyaa rabbahu qaala rabbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii'u ddu'aa/-

[3:38] Di sanalah Zakariya mendo'a kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do'a".


Do'a-do'a tersebut sebaiknya sohib FBI baca setiap hari, terutama setiap kali selesai shalat.

4. Do'a Memohon Kekuatan, Ketabahan dan Dimudahkan Urusan

Kehamilan selalu disertai dengan banyak kejadian. Sohib atau bahkan tenaga kesehatan kadang tidak dapat mengatasinya. Untuk itu mohonlah kepada Allah dengan rajin membaca do'a berikut :

wamaa tanqimu minnaa illaa an aamannaa bi-aayaati rabbinaa lammaa jaa-atnaa rabbanaa afrigh 'alaynaa shabran watawaffanaa muslimiin


[7:126] Dan kamu tidak menyalahkan kami, melainkan karena kami telah beriman kepada ayat-ayat Tuhan kami ketika ayat-ayat itu datang kepada kami". (Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)".

laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa lahaa maa kasabat wa'alayhaa maa iktasabat rabbanaa laa tu-aakhidznaa in nasiinaa aw akhtha/naa rabbanaa walaa tahmil 'alaynaa ishran kamaa hamaltahu 'alaalladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wa'fu 'annaa waghfir lanaa warhamnaa anta mawlaanaa fanshurnaa 'alaa lqawmi lkaafiriin

[2:286] Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang telah Engkau mudahkan, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah apabila Engkau menghendaki". (HR. Ibnu Hibban)

5. Do'a Ketika Rasa Mulas Mulai Datang

Ketika sohib FBI merasakan mulas atau sakit sekitar perut pada hari-hari mendekati persalinan, tunjukan kepasrahan sohib kepada Allah.

Serahkan urusan besar ini kepada-Nya Yang Maha Penolong, Do'a berikut ini dapat sohib FBI baca sesering mungkin setiap kali mulas itu datang menjelang bersalin.

qad kaanat lakum uswatun hasanatun fii ibraahiima walladziina ma'ahu idz qaaluu liqawmihim innaa buraaau minkum wamimmaa ta'buduuna min duunillaahi kafarnaa bikum wabadaa baynanaa wabaynakumu l'adaawatu walbaghdaau abadan hattaa tu/minuu bilaahi wahdahu illaa qawla ibraahiima li-abiihi la-astaghfiranna laka wamaa amliku laka minallaahi min syay-in rabbanaa 'alayka tawakkalnaa wa-ilayka anabnaa wa-ilayka lmashiir

[60:4] Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka : "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya1471: Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali."

fa-in tawallaw faqul hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huwa 'alayhi tawakkaltu wahuwa rabbu l'arsyi l'azhiim

[9:129] Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung".

6. Bila Bayi Lahir

Begitu bayi sohib FBI lahir, mohonlah kepada Allah agar bayi diberi perlindungan dari segala keburukan dan kelak menjadi keturunan yang menyenangkan

walladziina yaquuluuna rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrata a'yunin waj'alnaa lilmuttaqiina imaamaa

[25:74] Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.


"Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya". (HR. Bukhari)

Mengusir jin dengan menyelipkan peniti dan gunting seperti kepercayaan sebagian orang juga tidak efektif, karena jin sama sekali tidak takut dengan benda-benda tersebut.

Cara yang paling aman mengusir jin adalah dengan membaca do'a-do'a ruqyah. Bacalah surat Al Fatihah, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan surat An Nas

Selanjutnya, sohib bisa membaca do'a ruqyah setiap pagi (misalnya sehabis shalat subuh) dan malam (menjelang tidur)

"Dengan nama Allah yang karena bersamanya, tidak ada sesuatu apapun di langit dan dibumi mendatangkan bahaya, dan Dia-lah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad)

"Aku Berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan apa saja yang diciptakan-Nya". 3X (HR. Muslim)

"Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya dan siksa-Nya dan dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari bisikan-bisikan setan serta dari kedatangan mereka kepadaku". 3X (HR. Tirmidzi, Nasa'i, dalam As Sunan Al Kubra)

Setelah itu tutuplah dengan bacaan shalawat kepada Nabi Muhammad saw.


Selain do'a, sohib hendaknya senantiasa berzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain karena amalan ibadah, zikir adalah terapi untuk menenangkan hati pada saat sohib mengalami kecemasan mengenai kehamilan sohib.

Seperti yang dianjurkan Rasulullah saw, perbanyaklah membaca kalimat thayyibah, yaitu bacaan tasbih, bacaan tahmid, bacaan tahlil dan bacaan takbir. Manfaat zikir dengan kalimat-kalimat thayyibah yaitu :

a. Memperberat timbangan amal kebaikan.

b. Menenangkan hati (dengan zikir hati menjadi tenang)

c. Memotivasi diri untuk tetap menjaga dan merawat kehamilan

d. Merasa lebih dekat kepada Allah dan yakin pertolongan-Nya

e. Mendidik janin dalam rahim, sebab ia akan mengikuti ritme dan aktivitas zikir sohib


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

http://www.forumbebas.com/archive/index.php/thread-108176.html

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran