Jumat, 06 Mei 2011

Sering Buang Air Kecil dan Susah Buang Air Besar Pada Hamil Muda

Sering BAK

Keadaan ini terjadi karena rahim semakin membesar dan menekan organ-organ disekitarnya termasuk kandung kemih. Akibatnya ketika kandung kemih terisi sedikit cairan, sudah terdesak dan menimbulkan keinginan untuk kencing. Keadaan ini akan berubah ketika rahim sudah mulai membesar dan keluar dari rongga panggul. Dalam keadaan seperti ini, tekanan kandung kemih akan menurun.

Selain dorongan untuk sering buang air kecil yang sering muncul pada kehamilan trimester pertama ini, terkadang juga muncul rasa panas menyengat pada waktu buang air kecil. Jika keadaan ini muncul, sebaiknya ibu hamil segera perika ke dokter, karena kemungkinan terjadi infeksi kandung kemih.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil
1. Tetap minum 2 liter air perhari
2. Buang air kecil dulu sebelum bepergian
3. Minum banyak pada siang hari dan kurangi minum banyak pada malam hari menjelang tidur.


Susah Buang Air Besar

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil susah buang air besar, salah satunya adalah faktor hormonal. Pada tubuh ibu hamil terdapat peningkatan hormon progesteron yang berguna untuk memeperkuat dan menahan janin dalam rahim. Pada saat yang sama, kerja hormon progesteron ini juga menghambat gerak peristaltik otot percernaan.

Susah buang air besar juga disebabkan oleh pengaruh konsumsi zat besi. Ada beberapa pil zat besi yang menyebabkan terjadinya sembelit jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Akibat susah buang air besar, ibu hamil akan mengejan bila buang air besar, sehingga akan menimbulkan adanya haemoroid.

Selain itu, menurut Mller-Lissnersusah buang air besar juga terjadi karena beban dari janin dan tubuh ibu hamil itu sendiri yang menyebabkan lambung dan rahim semakin terhimpit, sehingga menghambat peredaran zat makanan. Selain itu, gerakan fisik ibu hamil yang terbatas juga menjadi salah satu penyebab kurangnya kerja usus.
Susah buang air besar akan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan, karena hormon ibu kembali seperti semula. Tekanan yang terjadi pada lambung dan rahim tidak ada.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar :
1. Banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran
2. Minum air yang banyak (2 liter per hari)
3. Sebelum buang air besar minum air hangat
4. Buang air besar pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada pagi hari
5. Minum yogurt atau susu fermentasi yang dapat merangsang kerja usus menjadi lebih aktif
6. Lakukan olah raga ringan

http://puskesmas-oke.blogspot.com/search?updated-min=2009-01-01T00%3A00%3A00-08%3A00&updated-max=2010-01-01T00%3A00%3A00-08%3A00&max-results=31

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran