Jumat, 06 Mei 2011

Stimulasi pada anak berusia 12-15 bulan

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

* Bermain bola.
* Berjalan sendiri.

Menarik mainan.

Bila anak sudah jalan tanpa berpegangan, berikan mainan yang bisa ditarik ketika anak berjalan. Umumnya anak senang mainan yang bersuara.
Berjalan mundur.

Bila anak sudah jalan tanpa berpegangan, ajari anak cara melangkah mundur. Berikan mainan yang bisa ditarik karena anak akan mengambil langkah mundur untuk dapat memperhatikan mainan itu.
Berjalan naik dan turun tangga.

Bila anak sudah bisa merangkak naik dan melangkah turun tangga, ajari anak cara jalan naik tangga sambil berpegangan pada Binding atau pegangan tangga. Tetap bersama anak ketika ia melakukan hal ini untuk pertama kalinya.
Berjalan sambil berjinjit.

Tunjukkan kepada anak cara berjalan sambil berjinjit. Buat agar anak mau mengikuti ands berjinjit di sekeliling ruangan.
Menangkap dan melempar bola.

Tunjukkan kepada anak cara melempar sebuah bola besar, kemudian cara menangkap bola tersebut. Bila anak bisa melempar bola ukuran besar, ajari anak melempar bola yang ukurannya lebih kecil.

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

* Memasukkan benda ke dalam wadah.
* Bermain dengan mainan yang mengapung di air.
* Menggambar.
* Menyusun kubus dan mainan.

Permainan balok.

Beli atau buat balok-balok kecil dari kayu dengan ukuran sekitar 2.5 cm x 2.5 cm x 2,5 cm. Ajari anak cara menyusun balok menumpuk ke atas tanpa menjatuhkannya.
Memasukkan dan mengeluarkan benda.

Ajari anak cara memasukkan benda-benda ke dalam wadah seperti kotak, pot bungs, botol dan lain-lain. Tunjukkan bagaimana mengeluarkannya dari wadah. Ajak anak Bermain memasukkan dan mengeluarkan benda-benda tersebut.
Memasukkan benda yang satu ke benda lainnya.

Sediakan mangkuk atau kotak plastik dari berbagai ukuran. Tunjukkan kepada anak cara meletakkan mangkuk yang ukurannya lebih kecil ke mangkuk lebih besar. Buat agar anak mau melakukannya sendiri. Pilih benda-benda yang tidak pecah.

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

* Berbicara.
* Menjawab pertanyaan.
* Menunjuk dan menyebutkan nama gambar-gambar.

Membuat suara.

Buat suara dari kaleng kue, kerincingan atau kayu pegangan sapu. Ajak anak membuat suara dari barang yang dipilihnya misal memukul-mukul sendok ke kaleng, menggoyang-goyang kerincingan atau memukul-mukul potongan kayu, untuk menciptakan ‘musik’.
Menyebut nama bagian tubuh

Ketika anda mengenakan pakaian anak, tunjuk dan sebutkan nama bagian tubuh anak. Usahakan agar anak mau menyebutkan kembali.
Pembicaraan

Bila anak meminta sesuatu dengan hanya menyebutkan satu kata saja misalnya susu, maka ajari anak agar is mengatakan dua kata. Puji anak bila mau menirukan merangkai kata-kata dengan balk.

Stimulasi yang perlu dilanjutkan.

* Memberi rasa aman dan kasih sayang.
* Mengayun
* Menina-bobokkan
* Permainan “Ciluk-ba”
* Permainan “bersosialisasi”

Menirukan pekerjaan rumah tangga

Ketika anda membersihkan rumah, menyapu dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, ajak anak untuk menirukannya. Berikan kepadanya lap pembersih debu, sapu dan lain-lain.
Melepas pakaian.

Tunjukkan kepada anak cara melepas pakaiannya. Mula-mula bantu anak dengan cara membukakan kancing bajunya, melepas sepatunya, atau menarik kaus/blus meliwati kepala anak.
Makan sendiri.

Tunjukkan kepada anak cara memegang sendok_ Biarkan anak makan sendiri dan bantu jika anak mengalami kesulitan.
Merawat boneka

Beri anak boneka plastik atau karet yang bisa dicuci. Ajari anak cara menggendong, mernberi makan, menyayangi, meninabobokkan dan memandikan boneka itu.
Pergi ke tempat-tempat umum

Seringkali bawa anak ke tempat-tempat umum seperti: kebun binatang, pusat perbelanjaan, terminal bis, museum, stasiun kereta api, lapangan terbang, taman, tempat bermain dan sebagainya. Bicarakan mengenai benda-benda yang anda lihat.

Tidak ada komentar:

Salam Dulu baru baca ^_^

Salam Dulu baru baca ^_^

Ma'an Najah

Ma'an Najah

Jazakallah khairan katsiran

Jazakallah khairan katsiran